Home / TUPOKSI BPBD

TUPOKSI BPBD

BPBD mempunyai tugas:

  1. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan Bencana yang mencakup pencegahan Bencana, penanganan Darurat, rehabilitasi, rekontruksi secara adil dan setara.
  2. Menetapkan standarisasi serta kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan;
  3. Menyusun, menetapkan, dan menginformasikan peta rawan bencana;
  4. Menyusun dan menetapkan prosedur tetap enanggulangan bencana;
  5. Melaporkan penyelenggaraan penanggulangan bencanakepada Bupati setiap bulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana;
  6. Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang;
  7. Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang di terima dari anggaran pendapan dan belanja daerah;
  8. Pelaksanaan tugas pemerintahan umum lainya yang di berikan oleh Bupati sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan Perundang-undangan.

Dalam Melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas BPBD mempunyai Fungsi:

  1. Perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat, efektif dan efesien;
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh;
  3. Pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka perencanaan di bidang penanggulangan bencana;
  4. Pelaksanaan peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana;
  5. Pengkajian, komunikasi, konsultasi, pengembangan dan bimbingan dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana;
  6. Pelaksanaan pencarian dan penyelamatan korban bencana;
  7. Pelaksanaan koordinasi dengan perangkat daerah/ istansi lain dalam rangka rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana;
  8. Pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran ( DPPA );
  9. Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern ( SPI );
  10. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal ( SPM );
  11. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat ( SKM );
  12. Pengevaluasian dan Pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi; dan
  13. Pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Bupati sesuai tugasnya.
  14. Kepala Badan

Kepala BPBD mempunyai tugas menyelenggarakan tugas dan fungsi sebagaimana di maksud dalam penjelasan di atas, mengkoordinasikan dan melakukan pengendalian internal terhadap unit kerja di bawahnya serta melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh Bupati Kapuas Hulu sesuai tugas dan Fungsinnya.

  1. Unsur Pengarah

Unsur Pengarah mempunyai tugas memberikan masukan dan saran kepada kepala BPBD dalam penanggulangan Bencana.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Unsur pengarah menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan kebijakan penanggulangan bencana Daerah;
  2. Pemantauan;
  3. Evaluasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana;
  4. Evaluasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Kepala BPBD sesuai dengan tugasnya.
  6. Unsur Pelaksana

Unsur pelaksana mempunyai tugas melasanakan penanggulangan bencana secara terintegrasi meliputi:

  1. Prabencana;
  2. Saat tanggap darurat ;dan
  3. Pasca bencana.

Untuk melaksanakan tugas tersebut Unsur pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mempunyai fungsi:

  1. Pengoordinasian : di laksanakan melalui koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi vertikal yang ada yang di perlukan pada tahap pra bencana dan pasca bencana ;
  2. Pengkomandoan : di laksanakan melalui pengerahan sumber daya manusia, peralatan, logistik dari satuan kerja perangkat daerah, instansi vertikal yang ada di daerah serta Langkah Langkah Lin yang di perlukan dalam rangka penanganan Darurat Bencana;dan
  3. Pelaksana: dilaksanakan secara terkordinasi dan interintegrasi dengann Satuan Kerja perangkat daerah, instansi vertikal yang ada di daerah dengan memperhatikan kebijakan penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan ketentuan peraturan perundang-undangan ;